Pertanyaan yang Sering Kamu Tanyakan

 

Berapa Lama Belajarnya?

Lama Pendidikan di PKBM Harati itu SAMA seperti di sekolah formal. Tergantung Ijazah terakhir dan Raport Terakhir. Misal : Jika masuk Paket C setara SMA, tapi sebelumnya tidak pernah melanjutkan ke SMA maka mulai dari awal yakni di Kelas 10, lama belajar selama 3 tahun. Namun jika pernah masuk SMA dan memiliki raport akhir sesuai kelas nya, maka menentukan kelasnya melanjutkan kelas yang terdahulu, kalo putus di kelas 11 dan naik kelas, maka dapat melanjutkan ke kelas 12, lama belajar cuma 1 tahun. Jadi, Lama belajar di PKBM Harati itu sekali lagi SAMA SEPERTI DI SEKOLAH FORMAL, tidak ada kata terlambat dan tidak ada yang instan, ikuti prosesnya maka aman dan legal. Ingat rejeki tak akan tertukar, bukan karena lambat atau cepat tapi kapan waktu yang tepat. Lanjutkan pendidikan di Sekolah Paket ABC, PKBM Harati.


Biaya Pendidikan berapa?

Sebagai salah satu lembaga pendidikan swasta, tentu saja ada biaya pendidikan di PKBM Harati, namun biaya pendidikannya sangat terjangkau dan tidak memberatkan. Bahkan biaya pendidikan bagi peserta didik tidak mampu dari awal sampai terima ijasah GRATIS. Ingat jangan terbuai dengan kata GRATIS, mari kita budayakan biaya pendidikan yang terjangkau dan tidak memberatkan, agar tidak seperti pepatah "membeli kucing dalam karung", jadi jangan karena biaya pendidikan kita putus sekolah karena pasti "banyak jalan menuju roma" oleh karena itu mari kembali belajar di PKBM Harati.


Apakah Lulusan Paket setara?

Tentu saja, lulusan Paket setara dengan satuan pendidikan formal, Lulusan Paket A setara dengan lulusan SD, Lulusan Paket B setara dengan lulusan SMP dan Lulusan Paket C setara dengan lulusan SMA. Jadi tidak usah khawatir untuk mendaftar di Sekolah Paket ABC, PKBM Harati karena lulusannya bisa lanjut ke sekolah formal, lulusannya bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, lulusannya bisa lanjut ke sekolah formal negeri ataupun swasta, lulusannya bisa lanjut kuliah di negeri maupun swasta, lulusannya memiliki hak yang sama dalam meraih pekerjaan seperti lulusan formal. Hanya satu saja yang tidak setara di Negeri kita ini untuk lulusan Paket C, tidak dapat mendaftar di Satuan Polri, jadi jangan bermimpi anak bapak ibu yang lulus Paket C ikut daftar jadi polisi karena pasti akan tidak diterima. Selain hal itu, tidak ada yang beda, semua setara, misal mau masuk sekolah kedinasan juga bisa seperti IPDN dan lainnya, masuk perguruan tinggi negeri bisa, masuk perguruan tinggi diluar negeri juga bisa. Mari kembali belajar di Sekolah Paket ABC, PKBM Harati.


Bagaimana Cara Belajarnya?

Pendidikan kesetaraan memiliki fleksibelitas tinggi dalam penyelenggaraan pembelajaran, apalagi sekarang ditunjang dengan kurikulum merdeka yang sangat memberikan keluasan dalam belajar. Di PKBM Harati ada pembelajaran Tatap Muka langsung, ada pembelajaran tutorial dan ada pembelajaran Mandiri baik online maupun tatap muka langsung. Belajar di PKBM Harati sangat fleksibel dengan waktu. Sangat menyesuaikan dengan jarak, kesibukan dan minat bakat peserta didik. Siapa saja dan dimana saja dapat belajar di PKBM Harati, Sekolah Paket ABC di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.


Apa Maksud Kelompok Belajar?

PKBM Harati membagi kelompok belajar untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik keluasan dalam belajar, dimana peserta didik dapat memilih: 1) kelompok belajar Reguler (bisa kelas siang dan ada kelas malam), 2) kelompok belajar Mandiri (bisa homeschooling dan atau bisa belajar secara online), 3) kelompok Warga Belajar Tidak Mampu (Gratis biaya pendidikan namun memiliki hak belajar yang sama seperti di kelompok reguler), 4) kelompok belajar Kerjasama Desa/Perusahaan/Pondok Pesantren (saling membantu untuk menjamin administrasi dan legalitas dalam pelaksanaan pendidikan kesetaraan yang berkualitas dan bermartabat).


Siapa saja yang boleh ikut Kejar Paket?

Pendidikan Kesetaraan dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa batasan usia, jarak dan kesibukan. Peserta didik atau warga belajar di Sekolah Paket ABC PKBM Harati dapat diikuti oleh Peserta didik yang Putus Sekolah/Tidak Sekolah (ATS), Peserta Didik yang Berkebutuhan Khusus (ABK), Peserta didik yang tidak mampu, Peserta didik yang berprestasi baik secara akademik mupun olahraga dan kesenian, Peserta didik yang sibuk bekerja, Peserta didik yang sedang menjalani pendidikan di Pondok Pesantren, Peserta didik yang lanjut usia, Peserta didik yang berada di pedesaan maupun pedalaman dan daerah terluar. Semua dapat kembali belajar di Sekolah Paket ABC PKBM Harati yang berkualitas dan bermartabat. 


Saya diluar Kota/Negeri Apa bisa daftar?

Pada dasarnya semua warga negara Indonesia bisa mendaftar untuk kembali sekolah di PKBM Harati untuk melanjutkan pembelajarannya tanpa terbatas jarak dan kesibukan. Namun biasanya PKBM Harati akan merekomendasikan PKBM Terdekat sebagai pilihan awal, namun jika peserta didik diluar kota/negeri tersebut masih ingin melanjutkan belajar di PKBM Harati maka dapat mengikuti Kelompok Belajar Mandiri Online sehingga dapat belajar secara fleksibel dimana saja dan kapan saja.


Apakah ada raport belajar?

Pendidikan kesetaraan sekarang memiliki persamaan yang setara dengan pendidikan formal, dimana salah satunya juga memiliki raport pembelajaran, sehingga peserta didik di Sekolah Paket ABC dapat setara secara hak dan kewajiban sama seperti siswa di sekolah formal pada umumnya. Dengan adanya raport akan menunjukkan capaian pembelajaran dan kelas belajar peserta didik, sehingga saat ingin mutasi (pindah) sekolah ataupun saat kelulusan dapat melanjutkan sesuai dengan raport terakhirnya dan ijazah terakhirnya tersebut. Pepindahan dari Sekolah Paket ke Sekolah formal dapat dilakukan baik sesuai kelas nya ataupun tingkatannya. Jadi, raport di Pendidikan kesetaraan itu juga dibagikan per semesternya.


Apakah Ijazah Sekolah Paket Resmi?

Ijazah di Sekolah Paket ABC PKBM Harati itu Resmi, legal dan dikeluarkan oleh Kemdikbud, sehingga memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan Ijazah lulusan di Sekolah Formal pada umumnya. Jadi jangan ragu kembali belajar dan menjadi lulusan Sekolah Paket ABC PKBM Harati yang memiliki ijazah yang resmi, terdaftar secara nasional dengan memiliki NISN serta dapat digunakan baik untuk melanjutkan kuliah, pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun untuk persyaratan pekerjaan.


Kapan Ujian Kesetaraan nya?

Untuk saat ini pelaksanaan Uji Kesetaraan biasanya pada bulan April setiap tahun ajarannya. Namun yang oerlu diperhatikan, bahwa Uji Kesetaraan sekarang bukan penentu kelulusan peserta didik, jadi yang terpenting ikut proses pembelajaran dan memiliki prilaku yang baik selama mengikuti pembelajaran. Uji Kesetaraan merupakan kewajiban yang harus diikuti peserta didik untuk memperoleh kesetaraan, namun bukan penentu kelulusan yang utama.