Baru-baru ini tepatnya di bulan Juli 2024,PKBM Harati sebagai salah satu satuan pendidikan non formal (SPNF) yang menjadi salah satu satuan non binaan dalam pelaksanaan Gerakan Sekolah Sehat mendapat sosialisasi dan pengisian partisipasi dalam bentuk angket bagi Kepala sekolah, Pendidik dan Peserta Didik terkait Gerakan Sekolah Sehat.

Gerakan Sekolah Sehat

Merupakan segala upaya yang dilakukan secara bersama-sama dan terus menerus oleh semua pihak mulai dari pemerintah pusat sampai ke pemerintah daerah, para mitra, satuan pendidikan, masyarakat pemangku kepentingan lainnya tentang pentingnya penerapan Sekolah Sehat dengan berfokus pada Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan di satuan pendidikan.

PKBM Harati berkomitmen kedepan untuk melaksanakan dan membiasakan diri menjalankan penerapan Sekolah Sehat di SPNF sehingga dapat memberikan layanan pendidikan dengan lingkungan yang sehat. Tentu Saja ini merupakan harapan bersama sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang sehat secara rohani dan jasmani. 

Manfaat Gerakan Sekolah Sehat

 Peserta Didik
Pembudayaan Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi agar status kesehatan meningkat dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

 Pendidik dan tenaga kependidikan
Peningkatan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

 Orang tua dan masyarakat
Berperan dalam usaha peningkatan derajat/status kesehatan peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah.



 

Sasaran Gerakan Sekolah Sehat 

 Pemerintah Provinsi/ Kabupaten/ Kota.

 Sekolah/Satuan Pendidikan di semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan (PAUD, SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, SLB, SKB, dan PKBM).

 Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Komite Sekolah, Orang tua, dan Masyarakat.